4 Mamfaat Dan Khasiat Buah Tin Bagi Kesehatan Tubuh

Advertisement
Your Ads Here
Apa ada yang pernah belajar riwayat Adam dan Hawa? Masih ingat tentang pohon tin yang serat pohonnya dijadikan bahan untuk pakaian mereka? Ya, buah tin atau buah ara yang telah ada sejak 1400 tahun Masehi lalu, dikenal sebagai buah musiman yang awalnya ditemukan di Asia bagian barat. Kini, buah yang juga dikenal dengan nama buah ara atau buah tin ini juga sudah dibudidayakan oleh masyarakat dan telah tersedia di banyak daerah di Indonesia.

Buah tin memiliki nama latin Ficus carica L., buah ini berasal dari Asia Barat. Nama lainnya buah ara yang dihasilkan oleh pohon ara. Di Indonesia, buah ini memang belum se-populer jeruk, apel, jambu dan lainnya. Namun di beberapa tempat, buah tin sudah banyak dibudidayakan, mengingat begitu banyak manfaat yang dimiliki oleh buah ini, khususnya manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Mamfaat Dan Khasiat Buah Tin Bagi Kesehatan Tubuh


Pada masa kekaisaran Romawi kuno, sebagai makanan elit para bangsawan, karena kandungan nutrisinya cukup lengkap. Saat ini, buah ini termasuk makanan super dan paling direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari, karena dalam 100 gr tin segar terdapat:
  • 74 kalori
  • 19 gram karbohidrat
  • 0,7 gram protein
  • 0,3 gram lemak
  • 3 gram fiber
  • 232 miligram potasium
  • 0,1 miligram mangan
  • 4,7 mikrogram
  • 0,1 miligram vitamin B6
  • 17 miligram magnesium
  • 35 miligram kalsium
  • 0,1 miligram thiamine
  • 142 IU vitamin A
  • 2 miligram vitamin C

Khasiat yang dimiliki buah tin berasal dari kandungan zat gizinya di antaranya protein, mineral, vitamin, zat besi, dan kalsium. Berikut ini beberapa khasiat buah tin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh:

Manfaat buah tin bagi kesehatan dan penyakit


1. Bagus untuk diet


Manfaat buah tin untuk diet ini terdapat pada seratnya yang membantu memperlancar metabolisme tubuh dan pencernaan. Pada kandungan 100 gram buah tin, hanya terkandung 74 kalori, yang mana bagus untuk Anda yang sedang diet. Manfaat lain yang bisa didapat dari buah tin adalah kandungan mineral, vitamin serta pigmennnya yang baik untuk mencerahkan dan melembabkan kulit.

2. Pencegah kanker dan masalah pencernaan lainnya


Zat pektin yang hanya didapatkan pada buah-buhan tertentu, nyatanya ada dalam kandungan buah tin. Kandungan pektin yang ada dalam manfaat buah tin juga berdampak baik bagi pencernaan, terutama usus besar dan usus kecil. Bagi sebagian masyarakat timur tengah, buah tin ini juga digunakan sebagai obat  tradisional, karena kandungan serat yang berlimpah pada buah tin ini.

Selain manfaat pencernaan usus tersebut, buah tin juga dapat mencegah beberapa kanker pada bagian perut tertentu, yaitu kanker usus. Satu biji buah tin segar, cukup mengandung beberapa kadar vitamin yang mengandung zat anti oksidan seperti vitamin-A, E, dan K. Keseluruhan senyawa fitokimia dalam buah tin dapat membantu menghilangkan bahaya radikal bebas dari tubuh manusia dan  melindungi kita dari kanker ganas, diabetes, penyakit-penyakit lainnya, dan bahkan infeksi organ dalam tubuh manusia.

3. Banyak kandungan gizi dan vitamin yang berlimpah


Buah tin yang dikonsumsi dengan cara dikeringkan terlebih dahulu, merupakan sumber vitamin dan mineral baik untuk tubuh. Contohnya, 100 g buah tin kering mengandung 680 mg potasium, 162 mg kalsium, dan 2,03 mg zat besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Nah, sedangkan zat tembaga dan besi diperlukan dalam produksi sel darah merah tubuh.

4. Sebagai ramuan obat seksualitas 


Selama berabad-abad yang lalu, khususnya bangsa Arab, buah tin telah direkomendasikan sebagai obat tradisional untuk memperbaiki masalah seksualitas, seperti kemandulan, daya tahan seks yang lemah, atau bahkan ejakulasi dini. Hal ini juga menjadi bagian dari budaya dan mitologi bangsa Arab sendiri, terlebih pada masanya, manfaat buah tin ini menjadikan buah tin sebagai obat kesuburuan dan kejantanan pria.

Kegunaan serta manfaat dan khasiat  buah tin dalam obat seksualitas sebenarnya masih dipertanyakan, akan tetapi kandungan jumlah yang besar, teruatama vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, sangat berdampak bagi bagi stamina dan energi tambahan. Masyarakat Timur Tengah meracik  buah tin dengan merendam 3-4 buah tersebut dalam susu selama semalam. Lalu diminum pada waktu petang esok hari, untuk mendapatkan stamina dan energi di malam harinya.


semoga bermamfaat(ww)
Advertisement
Your Ads Here

You might also like

0 Comments