Penyebab Penyebab Batuk

Advertisement
Your Ads Here

BATUK


Batuk ialah respons alami tubuh untuk menyingkirkan berbagai zat yang membuat iritasi saluran pernapasan Ada batuk berdahak yaitu batuk yang disertai keluarnya lendir, dan juga batuk kering. Kedua kondisi ini membuat Anda cukup terganggu, terutama di malam hari sehingga Anda tidak bisa tidur dengan nyaman.


Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh. Batuk membuat Anda tidak nyaman dan mengganggu aktivitas Anda.


Batuk dapat disebabkan oleh berbagai kondisi. Berikut ini merupakan penyebab batuk berdasarkan durasinya:


Batuk Akut

Kebanyakan batuk akut disebabkan oleh infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas dan bawah.

Infeksi saluran pernapasan bagian atas meliputi rhinitis (hidung), faringitis (tenggorokan), tonsillitis (amandel), sinusitis (sinus), laringtis (laring atau saluran tempat pita suara). Sedangkan bronktis dan pneumonia merupakan contoh infeksi pada saluran pernapasan bawah, yaitu infeksi pada cabang batang tenggorokan dan paru-paru.


Di samping infeksi saluran pernapasan, penyebab batuk akut juga bisa terjadi karena:

Rinitis alergi .

Penyakit refluks asam lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease).

Menghirup zat yang membuat iritasi saluran pernapasan, seperti.

Batuk Kronis 


Beberapa penyebab batuk yang berkepanjangan yaitu:

TBC.

Asma.

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Kanker paru-paru.

Konsumsi obat, seperti obat ACE inhibitor, yang dapat menyebabkan batuk kering.

Di samping penyebab tersebut, kebiasaan merokok, alergi, bekerja di lingkungan kerja dengan polusi yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami batuk kronis.


Flu

Flu memang sering dikaitkan dengan batuk.
Ketika Kamu sedang flu, maka saluran pernapasanmu secara tidak langsung akan terganggu.
Saluran pernapasan yang juga melewati tenggorokan itu akan tersumbat dengan lendir dan akhirnya menyebabkan batuk. Itulah sebab kenapa flu sering disertai batuk.


Alergi Debu

Apabila Kamu menderita alergi khususnya pada debu dan partikel kecil lainnya, maka bukan tidak mungkin jika Kamu berkemungkinan besar sering menderita batuk.

Batuk yang Kamu alami merupakan respon alami tubuh sama halnya seperti bersin pada orang normal atau yang tidak menderita alergi pada debu


Asma

Jenis penyakit yang menyerang saluran pernapasan atas ini juga sangat rentan menderita batuk.
Beberapa keadaan yang bisa memicu asmamu kambuh seperti pergantian musim, paparan udara dingin, hingga kontak langsung dengan bahan kimia maupun wewangian yang menyengat sangat perlu Kamu waspadai.
Sama seperti flu, infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh asma juga sangat berpengaruh dengan risiko batuk tak kunjung sembuh.


Pheumonia

Pneumonia yaitu radang paru-paru dapat terjadi ketika infeksi pada saluran pernapasan telah menyebar hingga paru-paru dan menyebabkan kantung udara paru-paru terisi oleh lendir kental.

Jika dibiarkan selama berhari-hari, maka bukan tidak mungkin infeksi ini dapat mengancam jiwa.

Terlebih jika batukmu mengeluarkan lendir kehijauan yang bercampur darah dan disertai sesak pada dada.

Untuk itu, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter sebelum tanda-tanda tersebut terjadi atau saat batukmu telah disertai demam hingga menggigil.


semoga bermamfaat
Advertisement
Your Ads Here

You might also like

0 Comments